Webinar dan Pelatihan “Pekan UMi Bangkit”   

 

 

 

Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro Berikan Sambutan pada Kegiatan Pekan UMi Bangkit

 

Jakarta - Pekan UMi Bangkit merupakan program yang bertujuan untuk mendorong para pelaku UMi agar tetap bangkit dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan peluang pemasaran secara online sebagai salah satu strategi pemasaran di masa pandemi.   

 

Program tiga hari “Pekan UMi Bangkit” mulai dari 2 s.d. 4 November 2021 menyajikan acara webinar dan pelatihan yang sangat berguna dalam memasarkan produk UMKM secara online dan sosialisasi terkait kebijakan pemerintah dalam pengembangan usaha mikro atau UMKM.

 

Pekan UMi Bangkit merupakan kelanjutan dari program Pelatihan UMi Siap Online 1 yang diadakan pada 2020 silam dan diikuti oleh 460 peserta yang merupakan perwakilan debitur dari seluruh Penyalur UMi. Sebanyak 14 peserta yang telah terseleksi berhasil mendapatkan pelatihan dari Jagoan Indonesia selama satu bulan penuh. Capaian yang di dapat pun sangat menggembirakan, yaitu berhasil memasarkan usahanya secara online melalui berbagai platform digital.   

 

Hari 1, Sesi Webinar “Pekan UMi Bangkit”

Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Ririn Kadariyah memberikan opening speech dalam mengawali kegiatan “Pekan UMi Bangkit” pada Selasa, 2 November 2021 yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolis oleh Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro.

 

 

Direktur Utama BLU-PIP, Ririn Kadariyah Berikan Sambutan pada Kegiatan Pekan UMi Bangkit

 

 

“Dimulai pada hari ini kami menyelenggarakan Pekan UMi Bangkit yang akan diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu Webinar UMi Bangkit, Training Pemasaran Online bagi Pelaku Usaha Mikro, dan di akhiri dengan Seleksi dan Persiapan Pelaksanaan Training One on One yang akan dilaksanakan selama satu bulan pada pertengahan November s.d. Desember 2021,” papar Ririn.  

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro menyampaikan keynote speech dan mengapresiasi program “Pekan UMi Bangkit” yang diselenggarakan oleh PIP sebagai upaya dalam mendukung para pelaku usaha ultra mikro dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

 

Narasumber yang dihadirkan pada sesi webinar pun merupakan tokoh publik yang terlibat secara langsung akan kemajuan UMKM di Indonesia, yaitu :

  1. Irene Swa Suryani, Asisten Deputi Bidang Usaha Mikro, Kemenkop UKM dengan materi “Kebijakan dan Strategi Pemerintah untuk Pengembangan Usaha Mikro.”
  2. Bandoe Widiarto, Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen, Bank Indonesia dengan materi “Kebijakan dan Program Bank Indonesia dalam Pengembangan UMKM.”
  3. Rivani, Direktur Lembaga Inkubator Bisnis Oorange UNPAD dengan materi “Sharing Session dan Lesson Learned Program Inkubasi Usaha Mikro”   

 

Hari 2, Sesi Pelatihan “Pekan UMi Bangkit”

Tidak kalah menarik, sesi pelatihan “Pekan UMi Bangkit” dilaksanakan selama dua hari, mulai dari 3 s.d. 4 November 2021 dengan pemaparan materi yang sangat diperlukan bagi para pelaku UMi.   

 

Tirza Reinata Munusamy selaku Director Central Public Affairs Grab Indonesia memberikan opening speech untuk mengawali pelatihan “Pekan UMi Bangkit” pada Rabu, 3 November 2021. Pemaparan materi terkait dengan Branding, Packaging, dan Marketing Online selanjutnya disampaikan oleh Yossico Stephanie selaku GrabFood Merchant Marketing Manager Grab Indonesia dan David Raymond Lepongbulan selaku GrabFood Merchant Operation Manager Grab Indonesia.  

 

Hari 3, Sesi Pelatihan “Pekan UMi Bangkit”

Dias Satria selaku Founder Jagoan Indonesia memaparkan materi seputar “Tips dan Trik Membuat Kemasan Produk yang Menarik, Branding, dan Marketing Online” yang berguna dalam mengembangkan usaha bagi para pelaku usaha UMi.

 

Tidak hanya itu, pada hari terakhir dalam rangkaian “Pekan UMi Bangkit” yang dilaksanakan pada Kamis, 4 November 2021 juga mengadakan Sharing Session bagi debitur UMi yang berhasil memasarkan produknya di pasar digital dan pengalaman selama mengikuti program Pelatihan UMi Siap Online 1 yang diadakan pada tahun 2020 lalu, yaitu Eni Saptoyuni pemilik usaha “Bandeng Bram” dan Ibu Ratnaning Firdausi pemilik usaha “Dapoer RA”.     

 

Penulis : Kalika Diah  

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Kementerian Keuangan Republik Indonesia
BLU Pusat Investasi Pemerintah
2021

Search