Kredit Usaha Mikro Melesat 94% hingga Kuartal I/2022

JAKARTA — Pertumbuhan kredit usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM mencatat pertumbuhan hingga 15% sampai dengan kuartal I/2022. Pembiayaan kepada sektor usaha mikor, mencatatkan laju yang paling tinggi.

Berdasarkan data analisis uang beredar dari Bank Indonesia yang dirilis Jumat (22/4/2022), total nilai outstandi kredit UMKM mencapai Rp1.171,8 triliun atau 20,03% dari total kredit yang disalurkan industri perbankan nasional sampai dengan Maret 2022.

Kredit skala mikro tercatat mencapai Rp394,1 triliun atau 33,63% dari total kredit UMKM. Nilai itu tumbuh 94,7% year-on-year atau tertinggi di antara kelompok kredit usaha lainnya.

Sejak akhir 2021, tren pertumbuhan kredit skala mikro sangat kuat sejalan dengan berbagai program yang dijalankan oleh pemerintah, khususnya terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Demikian pula kredit UMKM skala kecil tercatat tumbuh 27,4%, lebih tinggi dibandingkan dengan 27,2% YoY pada Februari 2022. Di sisi lain, kredit usaha menengah mengalami kontraksi yang lebih dalam menjadi sebesar -28,6% YoY pada Maret 2022.

Berdasarkan jenis penggunaan, peningkatan kredit UMKM didorong oleh kredit investasi, dan kredit modal kerja.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, kenaikan kredit UMKM  bersumber dari kredit mikro dan kecil.

“Pertumbuhan kredit terjadi di berbagai kelompok bank, segmen kredit, dan sektor ekonomi, termasuk subsektor prioritas, seiring berlanjutnya pemulihan aktivitas korporasi dan rumah tangga,” katanya.

Sementara dari sisi penawaran, Perry melanjutkan bahwa standar penyaluran kredit terus melonggar seiring menurunnya persepsi risiko kredit. Hal ini menunjukkan perbankan sebagai lembaga keuangan relatif cukup aktif menyalurkan pembiayaan dan pelaku usaha mengakses kredit dengan kepercayaan tinggi serta relatif mudah.

Selain pembiayaan sektor UMKM< bank sentral mencatat pemulihan kinerja korporasi yang terus berlanjut. Hal tersebut tercermin dari perbaikan penjualan dan belanja modal, serta terjaganya kemampuan membayar.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Kementerian Keuangan Republik Indonesia
BLU Pusat Investasi Pemerintah
2021

Search