Produk Makanan dan Kesehatan Paling Diburu di Platform Online

13 Oktober 2022
Produk Makanan dan Kesehatan Paling Diburu di Platform Online Produk Makanan dan Kesehatan Paling Diburu di Platform Online

JAKARTA — Pandemi Covid-19 mempercepat transformasi digital di Indonesia, termasuk yang melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dalam laporan yang pernah disusun oleh UNDP dan Universitas Indonesia pada 2020, pelaku UKM menyumbang 60% dari total produk domestik bruto.

Dalam survei yang melibatkan 1.180 pelaku UKM di 15 provinsi di Indonesia tersebut, sebanyak 44% pelaku usaha telah bergabung dengan platform online. Mereka menawarkan produk yang dimiliki lewat marketplace.

Selama masa pandemi pula, Pemerintah Indonesia telah memberikan berbagai bantuan, baik melalui kredit usaha rakyat (KUR), kegiatan pelatihan, akses terhadap teknologi, dan lainnya.

Genie Indonesia, lembaga yang yang bergerak dalam bidang layanan keuangan berbasis teknologi mencatat bahwa 8 dan 10 pengguna internet di Indonesia atau kurang lebih 150 juta orang memiliki aplikasi dagang elektronik atau e-commerce.

Jumlah itu termasuk salah satu yang terbesar. Kehadiran platform dagang elektronik membuat aktivitas perdagangan menjadi lebih mudah.

Daerah dengan pembeli online terbanyak di antaranya Depok, Jakarta Selatan, Sleman, Padang, dan Yogyakarta.
Data menarik lainnya, sebanyak 92 juta pengguna platform dagang elektronik adalah milenial. Mereka rutin melakukan belanja secara online dan berburu produk-produk yang ditawarkan oleh UKM.

Alasan para milenial bersedia bertransaksi lewat platform online karena kepercayaan, kredibilitas, dan kualitas produk. Jika kita sudah memiliki produk yang bisa diterima pasar, upayakan agar konsisten menjaga produk tersebut.

Selain itu, milenial juga nyaman menggunakan transaksi online ketika layanan pelanggan responsif, profesional, dan responsif. Artinya, jika memiliki lapak online, pastikan untuk dapat melayani setiap pertanyaan konsumen atau calon pembeli dengan senang hati.

Hal lain yang menjadi pertimbangan milenial ketika bertransaksi melalui online adalah keterlibatan atau percakapan di media sosial yang dilengkapi dengan konten atau video interaktif. Dengan kata lain, jika sudah terjun ke layanan online, pastikan membuat penjelasan terhadap produk yang dijual dengan berbagai kiat atau kisah pengalaman atau review atas produk tersebut.

Berdasarkan survei pada 2020, produk-produk yang paling diburu oleh konsumen milenial di masa pandemi Covid-19 diantaranya bahan makanan rumah tangga. Makanan ini peningkatannya tiga kali lipat dalam setahun pandemi.